Mahar Masjid dari Uang

Masjid merupakan  tempat untuk melaksanakan ibadah umat islam, selain itu masjid juga dipakai untuk kegiatan  islami seperti pengajian. Kata masjid bermulai  dari bhs arab yang berarti  sujud atau menyembah. Masjid yang pertama kali  di buat oleh nabi Muhammad yaitu masjid nabawi. Masjid juga akan tampak lebih megah jika mempunyai kubah bentuk dari kubah sendiri juga bermacam- macam ada yang berbentuk setengah lingkaran kerucut serta juga ada yang berbentuk seperti bawang. namun kalu dilihat dari sejarahnya  kubah mulai di kenal pada masa ke-19 masehi, serta di pulau jawa sendiri baru dikenal pada pertengahan masa 20 masehi. Kubah mulai di perkenalkan pada masjid yang berada di kota Yerussalem yang bernama masjid Qubbat as Sakhrah , selanjutnya  kubah mulai digunakan untuk penutup pada bangunan masjid yang berguna sebagai  penanda keberadaan bangunan masjid. Dan pada saat ini itu kubah berperan untuk membuat orang mengetahui bangunan masjid yang berada di satu daerah. Namun dengan berkembangnya teknologi pada saat ini mulai muncul desain kubah masjid dari uang yang digunakan sebagai mahar pernikahan

Mahar Kubah Masjid dari Uang

Pada saat ini banyak muncul model desain mengenai mahar pernikahan. Model mahar islami yang digemari adalah mahar dengan simbol bangunan masjid, kaligrafi dan asma Allah SWT. Pada saat ini saya akan membahas mengenai cara membuat kubah masjid mahar uang.  Berikut cara membuatnya :

Pertama,  Ketika akan membuat mahar berbentuk kubah masjid anda harus mempersiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya, yaitu : doubel tip, lem tembak, gunting, kain , figora dan yang paling penting ialah uang yang digunakan sebagai maharnya.

Ke- 2,  anda harus menyesuaikan jumlah nominal mas kawinnya yang akan digunakan sebagai mahar agar mudah untuk mulai membuat desainnya.

Ke- 3 , pahami terlebih dahulu desain ataupun konsep yang akan di buat.

Ke- 4, apabila anda sudah memahami konsep yang akan dibuat kemudian anda mulai membuat ornamen berbentuk bangunan masjid, seperti : tiang, atap, lantai, pintu dan lain sebagainya.

Ke- 5, buat lipatan berbentuk kubah masjid, jangan lupa untuk menonjolkan  jumlah nominalnya agar kelihatan lebih menarik.

Ke- 6, Buatlah bentuk pagar anda bisa membuatnya dengan cara di lipat maupun di gulung sesuai selera anda. Tapi perlu anda ingat ya, uangnya jangan sampai digunting cukup dilipat ataupun digulung saja, Kan kalau digunting sayang.

Ke- 7, buat ornamen berbentuk tiang, lantai serta pintu, jika anda menambahkan ornamen lainnya juga bisa.

Ke- 8, apabila semua ornamen sudah selesai anda bisa mengelem kain pada figora dan buatlah konsep susunan ornamen yang sudah di buat tadi. Susun yang bagus nan cantik ya agar indah ketika di pandang.

Ke- 9, jika anda sudah yakin dengan konsep yang sudah di buat, anda bisa mulai untuk mengelemnya. Ketika mengelem usahakan lem yang digunakan jangan banyak – banyak ya nanti bisa menyebabkan kerusakan pada penampilan maharnya.

ke- 10, hias mahar tersebut dengan tambahan nama pengantin serta  tanggal pernikahannya. Anda juga bisa menghiasnya dengan manik- manik. Jika sudah, anda bisa melakukan pengecekan ulang agar tidak terjadi kesalahan. Seperti anda bisa mengecek jumlah nominalnya serta mengecek tulisan nama mempelainya. Mahar bentuk masjid sudah siap.

contoh mahar uang bentuk masjid

Cukup sekian mengenai tutorial mahar pernikahannya,  anda bisa langsung mencobanya dan semoga artikel ini bisa membantu ya, mohon maaf bola ada salah kata. Terima Kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *